Rss Feed Facebook Twitter Google Plus

post:


Kamis, 13 Oktober 2011

Kembalikan Grub Loader Linux

Sekedar ingin berbagi pengalaman, saya menggunakan dualboot di laptop saya, saya gunakan linux dengan windows... jika anda menggunakan dualboot di laptop anda, kemudian anda melakukan install ulang windows anda maka grub loader linux tertimpa loader windows yang baru anda install, untuk mengembalikan grub loader linuxnya tidak perlu lakukan install ulang Linuxnya tp cukup ikuti perintah di bawah ini... just info perintah gunakan untuk distro UBUNTU dan distro LINUX MINT, untuk perintah mengembalikan LILO SLACKWARE belakangan yah..!!!

      Yang pertama-tama harus kita sediakan yaitu os linux yg bisa di pakai boot (live CD) baik berupa CD ataupun FD, jika sudah ada masukkan CD di CD/DVD Rom PC/Laptop anda kalau anda menggunakan CD tp kalau pake fd tinggal colok aja...hehehehehehehe, setelah itu restart PC atau pun Laptop yang akan di kembalikan grub loadernya... Setalah masuk di linux Live CD Linux tinggal masuk di TERMINAL, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. kita cek letak direktori root dengan cara ketikkan perintah sudo fdisk -l di terminal kemudian tekan ENTER... Maka akan muncul tampilan kurang lebih seperti gambar disamping...
  2. ketikkan perintah : 
          - sudo mount -t ext4 /dev/sda9 /mnt/ kemudian tekan ENTER, untuk ext nya tergantung ext berapa yang anda gunakan pada saat penginstalan, saya gunakan ext4 pada saat penginstalan jd diatas saya gunakan ext4 , terus sda nya tergantung partisi linux nya berada... lihat gambar diatas,saya menggunakan sda9 karena partisi linux berada di sda9...
          - sudo mount -t proc proc /mnt/proc  tekan ENTER,
          - sudo mount -t sysfs /mnt/sys  tekan ENTER,
          - sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev tekan ENTER,
          - sudo chroot /mnt/ /bin/bash tekan ENTER,
          - grub-install /dev/sda tekan ENTER, dan yang terakhir
          - grub-install /dev/sda9 tekan ENTER.... sda sesuai partisi LINUX berada...

     Selamat mencoba semoga berhasil dan saya yakin jika anda mengikuti perintah diatas dengan benar maka saya jamin pasti akan berhasil karena perintah diatas yang saya gunakan untuk mengembalikan grub loader linux saya setelah mengistall windows saya...!!!

Share This :

0 komentar:

Posting Komentar